Guru merupakan pekerjaan
mulia. Tanpa ada pamrih dan mempunyai cita-cita yang tak tak dapat dimiliki oleh
profesi lainnya yaitu mencerdaskan anak bangsa. Guru adalah awal dari kemajuan
bangsa, dengan gurulah kita bisa membangun bangsa. Ada beberapa pendapat yang
menyatakan bahwa keberhasilan negara bisa dilihat dari pendidikannya. Tapi...bagimana
bila guru itu mempunyai kesulitan didirinya atau lingkungan. Karena menjadi
guru yang baik saat mengajar bukan soal sifat si guru tersebut tapi soal
kemampuan mengatur irama pembelajaran. Guru yang sifatnya baik pun akan cepat
marah jika muridnya sering berlaku tidak tertib. Salah satu hal yang membuat
siswa tertib adalah kesibukan yang bermakna. Membuat siswa bisa sibuk namun
tetap bermakna memang tantangan semua guru.
Ada guru yang senang
memberi soal sulit pada siswanya dengan harapan siswanya sibuk dan waktu mengajar
dia tidak dipusingkan oleh masalah perilaku.
Padahal sebaliknya hal tadi hanya terjadi pada siswa yang perilakunya memang sudah baik, sementara anak-anak yang lain akan cepat bosan dan justru membuat ulah karena merasa gurunya memberi pekerjaan sulit tanpa jalan keluar. Karena pekerjaannya sulit membuat anak -anak yang memang sudah bermasalah pada perilaku akan timbul lagi keinginannya untuk membuat keributan dan ujung-ujungnya guru akan merasa gagal dalam mengajar siswanya di hari itu.
Padahal sebaliknya hal tadi hanya terjadi pada siswa yang perilakunya memang sudah baik, sementara anak-anak yang lain akan cepat bosan dan justru membuat ulah karena merasa gurunya memberi pekerjaan sulit tanpa jalan keluar. Karena pekerjaannya sulit membuat anak -anak yang memang sudah bermasalah pada perilaku akan timbul lagi keinginannya untuk membuat keributan dan ujung-ujungnya guru akan merasa gagal dalam mengajar siswanya di hari itu.
Ada beberapa cara untuk membuat jam pelajaran berlalu tanpa terasa baik kita sebagai guru maupun siswa sebagai penikmat cara mengajar dan perencanaan mengajar kita.
1. Rencanakan dalam seminggu perencanaan mengajar anda.
2. Selalu update rencana pengajaran anda setelah dan sebelum mengajar.
3. Tidur yang cukup setiap hari. Hal ini penting agar suasana hati kita terjaga dan tidak mudah emosi
4. Rencanakan pengajaran anda dalam team, jika tidak mungkin konsultasikan formal dan informal RPP anda pada rekan sesama guru.
5. Masuk kelas lebih awal bisa 3 menit atau 5 menit lebih awal.
6. Pikirkan 3 strategi atau rencana dalam mengajar, dengan demikian anak yang cepat selesai tetap punya kegiatan
7. Saat mengajar sempatkan memotivasi siswa. memotivasi itu bukan memuji karena memotivasi anda perlu mendalami karakter anak yang anda ingin motivasi
8. Tebarkan senyum pada seisi kelas
9. Ucapkan salam dengan semangat saat akan mengajar
10. Berikan soal yang menantang dan bukan sekedar sulit
11. Minta siswa untuk ajarkan siswa lainnya jika ia sudah selesai
12. Gunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah diingat
siswa
13. Kurangi gaya ‘one man show’ saat mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang anda berikan.
13. Kurangi gaya ‘one man show’ saat mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang anda berikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar