SELAMAT MEMBACA BERITA-BERITA TERBARU DAN TERLENGKAP

Jumat, 29 Maret 2013

Tips Menghindari Penipuan Online






     Belanja online di zaman sekarang ini sangat mudah dan diminati banyak orang. kita tidak susah-susah lagi berbelanja keluar rumah dengan berpanas-panasan, berdesak-desakan, apalagi sampai bercucuran keringat. Hanya klik dan transfer, barang langsung datang di depan kita. Tetapi kemudahan itu ternyata dimanfaatkan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab.
Berikut ini beberapa tips mencegah penipuan melalui belanja online:
 


1. Jangan mudah percaya dengan harga murah

     Jangan tergiur dengan harga murah atau dibawah normal, biasanya pelaku memberi iming-iming dengan harga potongan 50 %. Pelaku biasanya menawargan barang BM (Blackmarket), usahakan barang pesanan anda bukan barang BM
2.  Bookmark Situs Belanja Resmi
     Simpan atau tandai alamat toko online resmi untuk mencegah penyesatan yang dilakukan oleh peretas melalui mesin pencarian online. Bila Anda belum pernah melakukan belanja secara online, maka pilih toko resmi dan kunjungi alamat situsnya yang dipublikasikan melalui promosinya.
3. Jangan Percaya Penawaran via Email
     Bila Anda mendapatkan penawaran dari toko online melalui surat elektronik atau email sebaiknya abaikan saja. Adanya penyingkat tautan (URL Shortened) bisa saja membuat kita menjadi tidak mengetahui alamat tujuan dari tautan yang dilampirkan. Trend Micro menyarankan peninjauan terhadap tata bahasa dan kata-kata asing pada penawaran di email.
4. Verifikasi Penawaran yang Tidak Meyakinkan
     Sebaiknya tinjau kembali sumber penawaran yang dikirimkan kepada Anda. Identifikasi sederhana bisa dilakukan dengan memperhatikan datang dan ditujukan kepada siapa saja, baik di email ataupun di media jejaring sosial. Seringkali penawaran yang diberikan pada toko online palsu kurang masuk akal, diskon yang terlalu besar ataupun harga yang terlalu murah.
5. Perhatikan Layanan Pembayaran Online
     Dengan menyimpan catatan transaksi untuk melacak transaksi yang pernah dilakukan agar lebih mudah melakukan laporan pada bank ataupun lembaga keuangan lainnya jika ada penyelewengan.
Pengguna kartu kredit ataupun kartu debit berhak dan wajib melaporkan kepada bank jika mengetahui kejanggalan pada transaksi mereka. Sebaiknya gunakanlah kartu kredit dengan batasan paling minimal atau gunakan kartu debit.
6. Gunakan Aplikasi Keamanan Terpercaya
     Piranti lunak anti-virus dapat mengurangi atau membatasi serangan yang dilakukan di dunia maya. Bila Anda ragu apakah suatu situs aman atau tidak, silakan membuka
7. Gunakan Rekening Bersama
     Kehadiran rekening bersama yang berfungsi sebagai 'terminal uang' bisa membantu anda untuk melakukan verifikasi pada barang yang dipesan. Hal ini bisa menghindari pengiriman uang pada pihak yang tak bertanggung jawab. Tapi, pilihlah akun rekening bersama yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG................TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG..............TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG