SELAMAT MEMBACA BERITA-BERITA TERBARU DAN TERLENGKAP

Rabu, 11 September 2013

Bersih Desa di Dusun Jamuran Desa Sukodadi Wagir-Malang

Bersih Desa, tradisi ini umum dimiliki oleh desa-desa yang berada di Jawa Tengah, DIY maupun Jawa Timur sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Upacara dimaksudkan untuk penghormatan leluhur desa dan yang dipercayai menjaga desa dari segala macam bala dan pengaruh jahat. Upacaranya sendiri melibatkan tetua desa/dukun desa yang memimpin doa permohonan kepada arwah leluhur. Apabila diperhatikan sungguh-sungguh, bersih desa bukanlah acara bersih-bersih desa secara harfiah seperti memangkas rumput, menyapu ataupun memperbaiki jalan melainkan acara persembahan. Persembahan dari warga yang berupa makanan dikumpulkan, didoakan dan kemudian dibagi bagikan kepada seluruh yang hadir.



PARA tokoh desa sudah duduk bersila di atas panggung yang dibangun dengan atap tenda di bawah pohon besar yang tampak berwibawa dan memancarkan pesona magis. Di pohon besar itu menurut kepercayaan setempat  bersemayam danyang, pepunden, atau leluhur, atau roh penjaga desa. Terlepas dari cerita mitos tersebut kita bisa mengambil beberapa  peristiwa diantaranya kita bisa berkumpul dan bercengkrama dengan tetangga dan saling membantu untuk mengamankan desa. Semula kita tidak kenal dengan warga yang jauh dengan rumah tetapi dengan adanya kegiatan tersebut kita bisa kenal. Dan yang paling penting kita bisa mengetahui dan mengenal tokoh masyarakat kita.




























 
 





1 komentar:

  1. terima kasih berita nya pak, saya mau tanya apakah ada dokumentasi yangacara bersih desa yang terbaru pak yang baru dilakukan tgl 4 september 2014 kmaren pak?saya membutuhkan datanya untuk penelitian saya,,bagaimana saya bisa menghubungi bapak?terima kasih bnyak,semoga berkenan untuk membantu

    BalasHapus

TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG................TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG..............TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG