SELAMAT MEMBACA BERITA-BERITA TERBARU DAN TERLENGKAP

Senin, 02 September 2013

Kegiatan Kepramukaan SMP Kr. PETRA MALANG





Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya. Kata berjiwa muda disini merupakan ukuran semangat untuk maju. Kepramukaan adalah nama kegiatan yang ada di dalam pramuka itu sendiri, kegiatan yang dimaksudkan disini adalah kegiatan yang menarik dan mengandung pendidikan. Ada banyak sekali kegiatan yang ada di Pramuka (Akan di bahas pada Postingan berikutnya) Gerakan Pramuka adalah wadah atau organisasi tempat pramuka itu berkumpul dan menyelesaikan masalah secara bersama. tingkatan organisasi ini misalnya seperi Gerakan Pramuka Kwartir Daerah, Gugus depan dan lain sebagainya (lebih rinci akan khusus di bahas pada struktur organisasi Gerakan Pramuka).



Kelahiran Pramuka di dunia dipelopori oleh Lord Robert Badden Powell of Gilwell. Beliau lahir di London, Inggris, pada tanggal 22 Februari 1857.
Pada tahun 1908 Lord Badden Powell mencatat pengalaman pengalamannya dalam kepramukaan. Kumpulan Catatan tersebut kemudian terbit menjadi buku dengan judul “ Scouting for Boys”. Buku tersebut cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lainnya. Selanjutnya lahirlah organisasi – organisasi kepramukaan di seluruh dunia.


Keberadaan Pramuka di Indonesia mempunyai fungsi yang strategis dalam membentuk karakter manusia Indonesia, khususnya kaum mudanya (remaja). Di tengah-tengah arus jaman yang banyak menawarkan gaya hidup instant (jalan pintas),  konsumerisme, hedonisme sangat mempengaruhi gaya hidup remaja (manusia)  dewasa ini. Budaya seperti ini tidak boleh menghinggapi kaum muda Indonesia.  Memang tidak mudah bagi remaja yang terbiasa dengan gaya hidup tersebut di atas untuk mau bergabung dengan tulus dalam wadah Pramuka.
Inilah tantangan bagi Pramuka untuk selalu membuat inovasi-inovasi baru sehingga Pramuka tidak lagi menampilkan diri  secara “Jadul” tetapi Gerakan Pramuka mempunyai daya pikat yang tinggi  sehingga remaja tidak ragu-ragu lagi dan mendapatkan  manfaat  ketika bergabung dengan Gerakan Pramuka. Dengan performance simpatik dan santun,  dan tetap menjujung tinggi kode etik Pramuka Indonesia, saya yakin bahwa Gerakan Pramuka Indonesia  siap merebut hati remaja. Tampilan Pramuka era kini juga telah memanfaatkan Teknologi Komputer (IT) sehingga Pramuka dengan informasi yang online   dapat diakses dengan cepat terkait dengan kegiatan kepramukaan (blogger dan Wibesite).

Oleh karena itu, kehadiran Pramuka di tengah-tengah Masyarakat,  sangatlah tepat dan bermanfaat   khususnya bagi remaja yang saat ini sedang   dilanda kegalauan. Banyak nilai-nilai yang dapat diperoleh melalui kegiatan kepramukaan Persami atau Perjusa, anggota pramuka mendapatkan manfaat : Latihan Kepemimpinan, Pelatihan Baris-Berbaris, kemandirian dalam menyiapkan bekal (makan) dan membina kerja tim (team work), sehingga mereka mempunyai kemandirian, kejujuran, semangat persaudaraan dan mempunyai  akhlak mulia sebagai manusia Indonesia.  

Dasar-dasar tersebut adalah landasan SMP Kr. Petra Malang untuk mengadakannya kegiatan kepramukaan di Pondok Betlehem, Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang pada hari Sabtu, 31 Agustus 2013. Kegiatan tersebut untuk memperingati Hari Lahirnya Pramuka dan HUT SMP Kr. PETRA MALANG.



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG................TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG..............TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG